Senin, 14 Desember 2020

Jalur Pendakian Baru Gunung Rinjani Ada Di Desa Rekreasi Tertua Lombok: Tete Watu

Desa Wisata Tete Batu

Mataram -

Gunung Rinjani sekarang memiliki lima jalur pendakian. Terbaru, pihak balai mengesahkan satu lagi di Kabupaten Lombok Timur.

Sebelumnya, traveler yang mau mendaki Gunung Rinjani mesti ke Sembalun, Senaru, Aik Berik dan Timbanuh. Tak semua jalur ini berakhir ke Segara Anak, dan belum terang apakah jalur pendakian Tete Batu hingga mana ujungnya.

Diketahui bahwa Desa Tete Batu merupakan yang desa rekreasi tertua yang ada di Pulau Lombok. Desa ini ada di Kecamatan Sikur, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat.

"Hari ini, 13 Desember 2020 sudah diadakan Penandatanganan Piagam Rinjani dan Sosialisasi Kebijakan Pemulihan Ekosistem. Sekaligus dirangkai pula dengan Soft Launching Jalur Pendakian Wisata Rinjani yang berjalan di Ulem-ulem, Desa Tetebatu, Kecamatan Sikur, Kabupaten Lombok Timur," kata TN Gunung Rinjani di Instagram.

"Kegiatan ini ialah kerja sama antara Balai TNGR dengan Geopark Rinjani Lombok serta kolaborasi pokdarwis dengan penduduk desa Tete Batu," imbuh dia.

"Tete watu ialah desa wisata tertua di Lombok, pada kesempatan ini juga akan dijalankan soft launching jalur pendakian tetebatu setelah mendapat restu dari Dirjen KSDAE," kata beliau lagi.

[Gambas:Instagram]

Dalam catatan redaksi, rasanya Lombok punya kawasan rekreasi yang seperti-seperti dengan Bali. Inilah Desa Wisata Tete Batu yang disebut Ubud-nya Lombok yang terletak di kaki Gunung Rinjani.

Hawa sejuk dengan hamparan bukit dan sawah yang hijau sepanjang mata memandang menjadi suguhannnya. Perjalanan setapak dan mesti lewat sejumlah pematang sawah menjadi daya tarik tersendiri bagi turis.

"Selain menikmati persawahan, turis yang tiba mampu pula ke jeram Tibu Topat, Tibu Rongga, maupun riam Burung Wallet. Namun masih ada jalan yang belum dibuka. Makara melalui hutan," ujar Muhajar (36), Kepala Dusun Grisak, Desa Tete Batu, Kecamatan Sikur, Kabupaten Lombok Timur terhadap detikTravel, Minggu (16/10/2016).

Keberadaan Desa Wisata Tete Batu sendiri gres dibuka oleh pemerintah setahun akhir-akhir ini. Semenjak pembukaan ini pula sudah banyak turis gila yang tiba berkunjung.

"Sudah banyak turis abnormal ke sini. Hampir tiap hari mereka jalan-jalan menyusuri pematang sawah," ucap Muhajar.

Untuk menjangkau Desa Wisata Tete Batu memerlukan waktu kurang lebih 2 jam perjalanan dari Kota Mataram. Disarankan bagi Anda yang ingin berkunjung untuk menggunakan kendaraan langsung atau sewa mobil.

Penginapan di daerah ini terbilang cukup mencukupi. Gunung Rinjani akan nampak indah dari desa ini saat langit sedang higienis di pagi hari dan menjelang malam tiba.



Simak Video "Teriakan Gembala Pemanggil Sapi Desa Sembalun Rinjani Lombok"
[Gambas:Video 20detik]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pak Luhut, Tes Swab Ke Bali Kenapa Harus H-2?

Jakarta - Pemerintah memperlihatkan syarat traveler mesti melakukan tes PCR H-2 keberangkatan ke Bali kalau naik pesawat. Hal ini mempunyai...